Bg

Berita - IAIN Surakarta

PELATIHAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN AMOS 23 PRODI MAGISTER MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (MBS)

27 April 2020

Pascasarjana IAIN Surakarta, Sabtu, (25/4) menggunakan aplikasi google meet Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) melakukan pelatihan daring tentang Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan AMOS 23. Pelatihan diikuti oleh 47 mahasiswa S2 yang sedang mengambil matakuliah statistik dan metodologi penelitian, dan mahasiswa S1 yang sedang melakukan riset tentang Sumber Daya Manusia dan Marketing.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu mahasiswa melakukan olah data statistic dengan program AMOS untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa S2 dalam melakukan olah data analisis data penelitian, penulisan jurnal ilmiah dan publikasi. Pelatihan diisi oleh Dr. Didik Subiyanto, MM dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.  Untuk mengikuti pelatihan ini mahasiswa harus terlebih dahulu menginstal amos ke PC atau Laptap. AMOS adalah sebuah software, sedangkan SEM adalah alat analisisnya, dan yang juga harus memiliki program SPSS.

Pada pelatihan ini, tidak hanya membahas secara teknis apa itu software AMOS, tetapi kita berlatih untuk menggunakan SEM dalam menguji model penelitian yang kita bangun. Pelatihan diawali dengan penjelasan apa itu software AMOS dan bagaimana cara mengaplikasikan dilakukan secara daring dengan google meet, dari jam 10.00-12.00 WIB. Dalam sesi ini pemateri menjelaskan tentang bagaimana cara mengaplikasikan program AMOS dengan melakukan pelatihan secara langsung, sehingga langkah-langkah dalam SEM dapat dipahami oleh mahasiswa. Sedangkan diskusi tentang bagaimana cara tehnis dilakukan dengan Group WAG dari jam 13.00-15.00. diskusi berkaitan dengan persoalan atau kendala tehnis dalam operasional program AMOS.

Print Friendly, PDF & Email